Minggu, 20 Februari 2011

Catwalk Training

Catwalk disini adalah meja beralas karpet hijau tempat serama-serama beradu gaya dan mental. Pemasalahan yang ada, ayam sebagai makhluk yang tabiatnya liar tidak terbiasa bergaya diatas meja dengan alas karpet. Karpet hijau mendekatkan perasaan rumput secara psikologis ayam. Maka ayam yang tidak terbiasa atau tidak terlatih seperti ini akan turun meja bila tidak siap di kontes. Selain unsur-unsur lain tentuya.

Disini saya coba berbagi dari cara yang sangat sederhana dengan menggabungkan 2 pekerjaan jadi 1. Menjemur dan membiasakan ayam di catwalk.
Perlengkapan:
1. Dongdang kawat.
2. Meja beralaskan karpet hijau.
3. Spray air.

Dongdang kawat

Dongdang kawat gunanya untuk membiasakan ayam diatas meja berkarpet. Ukuran meja disesuaikan dengan meja kontes pada umumnya. Disini saya gunakan meja makan lipat yang biasa di gunakan di rumah makan.














Cara melakukannya: 

Semprot sedikit luar ekor sebagai adaptasi suhu tubuh terhadap air. Hal ini antisipasi dari hal extrem yang ada terhadap beberapa ayam serama yang sarafnya lemah.

 
Setelah ekor agak lembab buka bagian dalam sayap. Semprot perlahan hingga terasa basah. Ulangi ke bagian sebelahnya. Lalu ayam siap di jemur dalam dongdang.


.
Konsentrasi ayam langsung pada pembersihan bulunya. Selama itulah proses pelatihan berlangsung. Setelah kering biarkan beberapa saat untuk selalu lihat reaksinya di meja. Ulangi proses ini sampai ayam benar benar terbiasa. 1-2 Minggu biasanya sudah aman untuk melatih tanpa dongdang.


Ayam siap untuk naik meja kontes.









3 komentar:

Special thanx to my beloved Spinx!

Hahaha senang berbagi biar semua punya serama dengan kwalitas yang makin baik:)

Posting Komentar